Paket Lengkap Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Efek Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan
ABSTRACT: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Corporate Social Responsibility dalam memoderasi efek profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2015. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 128 perusahaan dan sehabis melalui metode purposive sampling, jumlah sampel yang dipakai dalam penelitian ini menjadi 37 perusahaan dengan 185 total pengamatan. Data yang dipakai dalam penelitian ini ialah data sekunder berupa data annual report yang diunduh dari website BEI. Teknik analisis yang dipakai ialah Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian ini menemukan bahwa leverage dan ukuran perusahaan kuat kasatmata dan signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan profitabilitas kuat negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi bisa memoderasi efek profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan tetapi tidak bisa memoderasi efek ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
KEYWORDS: CSR; Nilai Perusahaan; Profitabilitas; Leverage; Ukuran Perusahaan
Penulis: Ni Made Intan Wulandari
Kode Jurnal: jpmanajemendd170061