Paket Lengkap Private Brand: Merk Equity Memediasi Taktik Private Merk Dan Merk Personality Dengan Merk Preference
ABSTRACT: Produk private merk yang biasa ditemukan pada produk kebutuhan sehari-hari sekarang telah berkembang ke arah sektor fashion. Konsumen bebas menentukan merk manapun yang ingin mereka gunakan, sehingga menimbulkan merk preference konsumen terhadap suatu brand. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami hubungan antar variabel taktik private brand, merk personality, merk equity, dan merk preference, serta tugas merk equity dalam memediasi hubungan antar variabel. Penelitian ini dilakukan di kota Denpasar dan Badung dengan 100 sampel konsumen pengguna produk private merk Nevada. Data diolah dengan teknik analisis Structural Equation Modeling. Hasil penelitian pertanda bahwa taktik private merk secara konkret dan signifikan memengaruhi merk preference sebesar 26.1% dan merk equity sebesar 29%. Brand personality secara konkret dan signifikan memengaruhi merk preference sebesar 33.1% dan merk equity sebesar 63%. Brand equity memperlihatkan efek sebesar 9.7% terhadap hubungan tidak pribadi antara taktik private merk dengan merk preference serta 21.1% terhadap hubungan merk personality dengan merk preference.
KEYWORDS: private brand, taktik private brand, merk personality, merk equity, merk preference
Penulis: Ni Kadek Dwi Suputri Duryana, I Ketut Nurcahya
Kode Jurnal: jpmanajemendd170053