-->

Paket Lengkap Faktor Yang Menghipnotis Loyalitas Apotek Terhadap Pedagang Besar Farmasi


ABSTRAK: Komponen kunci untuk menjaga kelangsungan hidup sebuah perusahaan dalam jangka panjang yaitu loyalitas pelanggan.Banyak faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam hubungan business-to-business. Penelitian ini bertujuan untuk memilih faktor yang mempengaruhi loyalitas apotek terhadap Pedagang Besar Farmasi (PBF). Instrumen penelitian adalahkuesioner dengan pengukuran memakai skala Likert dengan rentang evaluasi 1-4. Metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan jumlah sampel penelitian yaitu 130 responden. Uji validitas kuesioner dilakukan dengan analisis faktor, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan metode Cronbach’s Alpha. Metode analisis data memakai metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan PBF mempunyai efek faktual terhadap kepuasan apotek (p-value < 0,001 dan nilai path coefcient = 0,566). Kepuasan apotek mempunyai efek faktual terhadap keyakinan apotek (p-value < 0,001 dan nilai path coefcient = 0,32), janji apotek (p-value = 0,005 dan nilai path coefcient = 0,191), dan loyalitas apotek (p-value = 0,014 dan nilai path coefcient = 0,161). Kepercayaan apotek mempunyai efek faktual terhadap janji apotek (p-value yaitu 0,037 dan nilai path coefcient = 0,13) dan loyalitas apotek kepada PBF (p-value = 0,001 dan nilai path coefcient = 0,254). Komitmen apotek mempunyai efek faktual terhadap loyalitas apotek (p-value = 0,034 dan nilai path coefcient = 0,134). Faktor keyakinan menjadi faktor yang paling berpengaruh diantara ketiga variabel dalam mempengaruhi loyalitas.
Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan, kepercayaan, komitmen, loyalitas
Penulis: Dianita Rifqia Putri
Kode Jurnal: jpfarmasidd150743

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel