Paket Lengkap Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Penerapan Iso 9001:2000 Di Rumah Sakit Umum Pku Muhammadiyah Bantul
ABSTRAK: ISO 9001:2000 merupakan sebuah standar sistem administrasi kualitas yang berfokus pada proses dan pelanggan, maka semenjak Februari 2008 standar ISO 9001:2000 telah diterapkan di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar peningkatan kepuasan kerja karyawan antara sebelum maupun setelah ISO 9001:2000 serta melaksanakan pengukuran tingkat kepuasan pasien untuk mengetahui apakah pasien sudah puas dengan pelayanan yang diberikan di Instalasi Rawat Inap setelah penerapan ISO 9001:2000.
Penelitian ini memakai metode analitik cross-sectional. Teknik pengambilan sampel untuk kuesioner kepuasan kerja karyawan memakai total sampling sejumlah 377 karyawan sedangkan kuesioner kepuasan pasien memakai metode purposive sampling dengan jumlah sampel 69 responden.
Hasil penelitian mengatakan bahwa terjadi peningkatan kepuasan kerja karyawan dilihat dari beda rerata antara sebelum ISO sebesar 52,48 dan setelah ISO sebesar 72,68; dan terdapat gap antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien dengan urutan gap terbesar ialah dimensi responsiveness yang diikuti dimensi reliability, empathy, assurance, dan tangibles.
Kata kunci: ISO 9001:2000, kepuasan kerja karyawan, analisis kepentingan kinerja, ServQual
Penulis: Cahyani Hijriaftri, Marchaban, Sumarni
Kode Jurnal: jpfarmasidd110221
