Paket Lengkap Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruangan Penyakit Dalam Terhadap Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Era Desember 2011-Februari 2012
Abstract: Rumah sakit merupakan akomodasi pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang senantiasa dituntut untuk melaksanakan peningkatan kualitas pelayanan untuk memenuhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kepuasan pasien rawat inap di ruangan Penyakit Dalam terhadap pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD dr. Soedarso Pontianak periode Desember 2011 – Ferbruari 2012. Responden dalam penelitian ini yaitu pasien maupun keluarga pasien yang pernah mendapat pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD dr. Soedarso Pontianak. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 172 orang. Proses pengumpulan data primer dilakukan dengan memakai instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner dan pengolahan data untuk mengetahui validitas dan reliabilitas kuesioner memakai aktivitas SPSS 17 forwindows. Variabel bebas yang dipakai yaitu dimensi berwujud, dimensi keandalan, dimensi ketanggapan, dimensi jaminan, dan dimensi empati. Sedangkan variabel terikatnya yaitu tingkat kepuasan pasien rawat inap di ruangan Penyakit Dalam terhadap pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD dr. Soedarso. Analisis kepuasan pada penelitian ini memakai model Weighted Servqual. Hasil penelitian diperoleh indeks kepuasan secara keseluruhan sebesar -0.92. Sedangkan indeks kepuasan untuk setiap dimensi adalah sebagai berikut: -1.15 untuk dimensi jaminan, -0.91 dimensi keandalan, -0.88 dimensi empati, -0.86 dimensi berwujud dan -0.76 untuk dimensi ketanggapan. Indeks kepuasan baik secara keseluruhan maupun setiap dimensi mengatakan nilai negatif yang berarti pasien masih belum merasa puas terhadap pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD dr. Soedarso Pontianak.
Kata kunci: tingkat kepuasan, harapan, kenyataan, dimensi kepuasan
Penulis: Isnindar
Kode Jurnal: jpfarmasidd130431
