-->

Paket Lengkap Efek Dapat Dipercaya Dan Daya Tarik Endorser Lokal Dan Absurd Dalam Iklan Kosmetik Terhadap Persepsi Dan Keputusan Pembelian Konsumen


ABSTRAK: Penggunaan endorser dalam iklan produk sudah merupakan hal yang biasa dalam dunia pemasaran. Penelitian dilakukan untuk mengukur imbas dapat dipercaya dan daya tarik endorser lokal dan gila terhadap persepsi dan keputusan pembelian konsumen serta melihat perbedaan imbas penggunaan endorser lokal dan gila terhadap persepsi dan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang dilakukan dalam dua fase yakni eksploratory analysis dan confrmatory analysis dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian yang dipakai ialah sampel iklan dan kuesioner. Besar sampel dalam penelitian ini ialah 130 orang pada masing- masing endorser lokal dan asing. Data yang diperoleh di analisa dengan menggunakanregresi sederhana dan Independent Sample T-Test dengan proteksi SPSS 11.5 for windows. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan dapat dipercaya dan daya tarik endorser lokal dalam memprediksi variabel persepsi konsumen terhadap iklan ialah 16,4%, dan keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang diiklankan ialah 11,3%. Kemampuan dapat dipercaya dan daya tarik endorser gila dalam memprediksi variabel persepsi konsumen terhadap iklan ialah 30,1%, dan keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang diiklankan ialah 37,4%. Setelah dilakukan perbandingan memakai Independent Sample T-Test didapatkan hasil bahwa persepsi konsumen terhadap iklan yang memakai endorser lokal lebih rendah dibandingkan dengan persepsi konsumen terhadap iklan yang memakai endorser gila serta keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang memakai endorser lokal dalam iklannya lebih rendah dibandingkan dengan keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang memakai endorser gila dalam iklannya.
Kata kunci: iklan, dapat dipercaya endorser, daya tarik endorser
Penulis: Mu’min Gozali, Achmad Fudholi, dan Satibi
Kode Jurnal: jpfarmasidd110223

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel