Paket Lengkap Efek Adversity Quotient Dan Prestasi Berguru Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Stikes Madani Yogyakarta
ABSTRAK: Efikasi diri merupakan dogma diri mahasiswa dalam melakukan kiprah sesuai kompetensinya. Efikasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama adversity quotient dan prestasi belajar. Mahasiswa yang mempunyai adversity quotient tinggi tetap berusaha ketika menghadapi kesulitan, bila disertai prestasi mencar ilmu yang tinggi akan mempunyai dogma bahwa dirinya sanggup menuntaskan kiprah dengan baik sesuai dengan kompetensinya di masa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis imbas adversity quotient dan prestasi mencar ilmu terhadap efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta.
Metode penelitian ini yaitu observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Program Studi D III Kebidanan STIKes Madani Yogyakarta pada bulan April-Mei 2014 dengan populasi mahasiswa semester VI sejumlah 53 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik exhaustic sampling sebanyak 51 mahasiswa (2 mahasiswa drop out). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memakai kuesioner dan data KHS. Analisis data memakai regresi ganda.
Hasil penelitian yaitu tidak ada imbas yang signifikan antara adversity quotient terhadap efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta dengan nilai t 1,419 (p>0,05) dan proteksi efektif terhadap efikasi diri sebesar 8,41%. Ada imbas yang signifikan antara prestasi mencar ilmu terhadap efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta dengan nilai t untuk prestasi mencar ilmu 2,484 (p<0,05) dan proteksi efektif terhadap efikasi diri sebesar 23,77%. Ada imbas secara bantu-membantu yang signifikan antara adversity quotient dan prestasi mencar ilmu terhadap mahasiswa STIKes Madani Yogyakarta nilai probabilitas 0,018 (p<0,05), dan proteksi efektif sebesar 32,18%.
Simpulan penelitian ini yaitu ada imbas signifikan secara bantu-membantu antara adversity quotient dan prestasi mencar ilmu terhadap efikasi diri mahasiswa di STIKes Madani Yogyakarta.
Kata Kunci: Adversity Quotient, Prestasi Belajar, Efikasi Diri
Penulis: Nur Furi Wulandari, Hari Wujoso, Suharno
Kode Jurnal: jpkebidanandd180008
