Paket Lengkap Relasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Ii Denpasar Selatan
ABSTRAK: Salah satu penyebab buruknya aspek kesehatan di Indonesia yakni tidak meratanya pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah mengeluarkan Undang-undang No.40 wacana Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).Berdasarkan data di Puskesmas II Denpasar Selatan terdapat 689 orang pengguna BPJS, dimanasetelah diwawancarai sebanyak sepuluh orang terdapat tujuh di antaranya menyampaikan tidak puas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasienBPJS Kesehatan di Puskemas II Denpasar Selatan. Jenis penelitian yang dipakai yaitu deskriptifanalitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian yang dipakai yakni pasien yang berkunjung atau berobat ke Puskesmas II Denpasar Selatan memakai BPJS sebanyak 253 orang. Hasil penelitian ini menawarkan bahwa terdapat efek yang signifikan antara kualitas pelayanan p value= 0,001 dengan kepuasan pasien dimana nilai p< 0,05. Penelitian ini diharapkandapat dijadikan rujukan dan pola untuk penelitian selanjutnya biar sanggup melaksanakan pengkajian lebih mendalam wacana faktor-faktor lainnya yang berkontribusi terhadap kepuasan pasienpengguna BPJS menyerupai suasana dan image.
Kata Kunci: BPJS, Kepuasan, Pasien
Penulis: IGAA Sherlyna Prihandhan, Nina Rismawati Hakim, I Gede Wirajaya
Kode Jurnal: jpkebidanandd180015
