Paket Lengkap Efek Pengetahuan Mahasiswa Wacana Uji Kompetensi Terhadap Minat Mencar Ilmu Mahasiswa D-Iii Kebidanan Di Stikes Prima Nusantara Bukittinggi Tahun 2015
ABSTRAK: Dalam rangka penjaminan mutu lulusan pendidikan tinggi khususnya bidang Kebidanan dan Keperawatan, maka dibutuhkan standarisasi lulusan memalui uji kompetensi. Uji Kompetensi yaitu suatuproses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan perilaku tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi masing – masing. Indonesia memerlukan SDM Kesehatan bermutu, utamanya bidan. Maka dilakukannya upaya peningkatan SDM (sumber Daya Manusia) yang berkualitas dan berkompeten dalam praktik kesehatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak pengetahuan mahasiswa ihwal uji kompetensi terhadapminat mencar ilmu mahasiswa kebidanan di stikes prima nusantara bukittinggi, desain penelitian Cross Sectional, bulan Februari hingga Agustus 2015, jumlah sampel 186 orang dan tehnik sampel proporsional sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi jumlah mahasiswa kebidanan dan anket dengan kuesioner, data diolah dan dianalisis dengan komputer. Hasil penelitian didapatkan bahwa mahasiswa mempunyai pengetahuan tinggi ihwal uji kompetensi dan mempunyai minat mencar ilmu juga tinggi sebanyak 53 responden (55,2 %), mahasiswa mempunyai pengetahuan ihwal uji dan mempunyai minat mencar ilmu rendah sebanyak 43 responden (44,8%). Mahasiswa mempunyai pengetahuan rendah ihwal uji kompetensi namun mempunyai minat mencar ilmu tinggi sebanyak 38 responden (42,8%) dan mahasiswa yang mempunyai pengetahuan rendah dan minat mencar ilmu rendah sebanyak 52 responden (57,8%). Berdasarkan variabel yang diteliti tidak mempunyai hubungan signifikan terhadap pengetahuan mahasiswa ihwal uji kompetensi terhadap minat mencar ilmu mahasiswa dengan p-value 0,081. Dengan demikian diharapkan mahasiswa sanggup meningkatkan pengetahuan mengenai perkembangan kebidanan di sertai dengan dorongan dan minat yang tinggi untuk sanggup lulus dengan mutu yang berkualitas.
Kata Kunci: Uji kompetensi, minat belajar
Penulis: Lismarni
Kode Jurnal: jpkebidanandd160453