Paket Lengkap Hubungan Mutu Pembelajaran Skill Lab Dengan Hasil Berguru Skill Lab Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kebutuhan Dasar Insan (Kdm) Di Akper Widya Husada Semarang
ABSTRAK: Pembelajaran kelas dan skills lab merupakan bab yang penting dari proses pendidikan yang komplek dan harus terintegrasi dalam seluruh kegiatan pendidikan yang mengacu pada kurikulum, khususnya pencapaian kiprah selesai bagi lulusan. Banyak hambatan yang ditemukan pada ketika persiapan dan pelaksanaan kegiatan di kelas dan di skills lab serta mengevaluasi kemampuan mahasiswa, banyaknya hambatan ini akan mensugesti hasil selesai dari kompetensi akseptor didik. Tujuan: Mengetahui kekerabatan antara mutu pembelajaran skill lab dengan hasil mencar ilmu skill lab mahasiswa tingkat 1 dan 2 pada mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia (KDM) di Akper Widya Husada Semarang. Metode Penelitian: Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan di Akper Widya Husada Semarang yang berjumlah 118 mahasiswa dengan teknik sampling yaitu total sampling. Analisis data yang dipakai yaitu kekerabatan Rank Spearman Hasil Penelitian: Hasil penelitian diperoleh bahwa ada kekerabatan yang bermakna antara mutu pembelajaran dengan nilai skill laboratorium pada mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan di Akper Widya Husada Semarang dengan nilai r sebesar 0,255 dan nilai p sebesar 0,005. Hasil análisis data antara dimensi mutu pembelajaran yang tidak bekerjasama yaitu kehandalan dan empati, sementara dimensi yang bekerjasama yaitu daya tanggap, kepastian dan wujud. Kesimpulan: Adanya kekerabatan antara mutu pembelajaran dengan hasil pembelajaran skill laboratorium.
Kata kunci: Mutu pembelajaran, Hasil Skill Lab,OSCA
Penulis: Wahyuningsih, Titih Huriah
Kode Jurnal: jpkebidanandd170234
