-->

Paket Lengkap Imbas Model Pembelajaran Dilema Based Learning Dan Kemampuan Awal Terhadap Kompetensi Biologi Siswa Kelas Vii Mtsn Pakan Rabaa Tahun Pelajaran 2014/2015


ABSTRAK: Kurangnya pemahaman siswa wacana bahan yang disampaikan oleh guru mengakibatkan rendahnya kompetensi siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil berguru biologi siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu penyebabnya yaitu guru cenderung menerapkan metode ceramah dan tanya jawab. Selain itu guru biologi hanya menekankan pembelajaran pada aspek kognitif. Rendahnya hasil berguru juga ditentukan oleh pengetahuan awal siswa. Untuk mengatasi problem tersebut, dipakai model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan awal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan awal siswa terhadap kompetensi biologi siswa kelas VII MTsN Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Jenis Penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan memakai rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu Saturated Sampling dan yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII A dan kelas kontrol VII B. Instrumen yang dipakai yaitu tes simpulan untuk melihat kompetensi ranah kognitif siswa dan lembaran evaluasi aspek afektif dan psikomotor.
Hasil penelitian menawarkan bahwa (1) kompetensi ranah kognitif siswa yang mengikuti model problem based learning kuat secara signifikan, kecuali kompetensi ranah kognitif siswa yang berkampuan awal tinggi tidak kuat secara signifikan. (2) kompetensi ranah afektif siswa baik yang berkemampuan awal tinggi dan rendah kuat secara signifikan. (3) kompetensi ranah psikomotor siswa yang berkemampuan awal tinggi dan rendah kuat secara signifikan. (4) tidak terdapat interaksi antara model problem based learning dengan kemampuan awal siswa terhadap kompetensi ranah kognitif berguru biologi siswa.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan awal, Kompetensi belajar
Penulis: Yulia Ratna Sari
Kode Jurnal: jpkebidanandd160447

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel