Paket Lengkap Kekerabatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Konseling Oleh Mahasiswa Kebidanan Dengan Kepuasan Klien Di Bidan Praktik Mandiri
ABSTRACT: Keberhasilan komunikasi interpersonal dalam konseling seorang bidan akan diuji kalau menghadapi klien sesungguhnya. Kualitas komunikasi interpersonal dan konseling oleh mahasiswa kebidanan belum pernah dievaluasi, oleh alasannya yaitu itu, mahasiswa pada ketika melaksanakan praktik kebidanan dilakukan penilaian keterampilan komunikasi interpersonal dan konseling oleh pembimbing klinik. Keterampilan komunikasi interpersonal dan konseling merupakan aspek penting dalam pelayanan KB dan kesehatan reproduksi, alasannya yaitu konseling membantu klien mengatasi problem yang dihadapinya dalam menentukan dan memutuskan jenis kontrasepsi yang akan dipakai sesuai dengan kebutuhannya, sehingga klien merasa puas atas pilihan dan pelayanan yang diterimanya. Penelitian observasional potong lintang dilaksanakan di empat lokasi Bidan Praktik Mandiri Kabupaten Ciamis pada bulan Agustus 2015. Subjek penelitian yaitu mahasiswa kebidanan tingkat III semester VI yang sudah lulus mata kuliah pelayanan Keluarga Berencana sebanyak 46 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Calon peserta KB yang tiba ke Bidan Praktik Mandiri dinilai apakah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, selanjutnya calon peserta KB dipilih secara konsekutif hingga tercapai 46 orang. Data diperoleh memakai daftar tilik dan kuesioner, dianalisis dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara teknik konseling, sikap tenggang rasa dalam konseling yang ditampilkan mahasiswa, sikap yang mencerminkan adat dalam konseling dengan kepuasan klien dengan nilai p>0,05. Tidak terdapatnya hubungan diduga alasannya yaitu pada ketika penilaian hanya dinilai dari kepatuhan melaksanakan langkah klinik, namun tidak menilai isi atau bahan konseling. Menilai tenggang rasa tidak dinilai oleh klien, butir penilaian tenggang rasa tidak dibentuk secara khusus. Masih terdapatnya bias dalam proses penilaian dan mungkin juga dalam proses seleksi. Simpulan hasil penelitian, tidak terdapat hubungan antara teknik konseling, sikap tenggang rasa dalam konseling dan sikap adat dalam konseling dengan kepuasan klien.
Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, teknik konseling, sikap empati, sikap etika, kepuasan klien
Penulis: Neli Sunarni, Tina Dewi Judistiani, Zahrotur R Hinduan, Hadyana Sukandar, Tita H Madjid
Kode Jurnal: jpkebidanandd160303
