-->

Paket Lengkap Korelasi Antara Minat Dan Motivasi Berguru Dengan Prestasi Berguru Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Kebidanan Kartika Kawan Husada


ABSTRAK: Penyelenggaraan pendidikan kebidanan ialah institusi pendidikan tinggi baik pemerintah maupun swasta sesuai dengan kaidah-kaidah yang tercantum pada sistempendidikan nasional. Lulusan pendidikan bidan sebelum tahun 2000 dan Diploma IIIkebidanan di Institusi pelayanan maupun praktik perorangan. Kemampuan akademikbidan dilihat dari prestasi mencar ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa tersebut selama mengikuti pendidikan di Diploma III kebidanan (PP IBI, 2009).
Penelitian ini memakai desain penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling memakai non random sampling yaitu totalsampling. Besar sampel ialah 126 responden yang telah memenuhi kriteria yang telahditentukan. Teknik pengumpulan data memakai kuesioner, timbangan injak, danmicrotoise. Uji analisis memakai uji uji chi square dengan memakai programSPSS versi 19.0 for windows.
Dari penelitian diperoleh hasil bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara minat dengan prestasi mencar ilmu mahasiswa dengan nilai p value 0,233 > α (0.05), dan tidak ada korelasi yang signifikan antara motivasi dengan prestasi mencar ilmu mahasiswi dengan OR 0,620 yang artinya baik motivasi berpeluang 0,620 kali atau 1 kali memiliki prestasi mencar ilmu >3,50.
Jadi, minat dan motivasi mahasiswi tidak mempengaruhi hasil prestasi mencar ilmu mahasiswi Akademi Kebidanan Kartika Mitra Husada
Kata kunci: Minat, Motivasi, dan Prestasi Belajar
Penulis: Zulvi Wiyanti, SSiT., M.Kes, Nanik Apriani
Kode Jurnal: jpkebidanandd160265

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel