-->

Paket Lengkap Tugas Penerapan Asuhan Neonatus Terintegrasi Terhadap Motivasi Dan Kompetensi Mahasiswa Serta Kepuasan Pasien Di Praktik Klinik Kebidanan


ABSTRACT: Model pembelajaran asuhan neonatus yang mengintegrasikan kebutuhan masyarakat dan pengintegrasian softskill sudah terbukti sanggup meningkatkan kompetensi pada pembelajaran dikelas. Mencapai kompetensi tersebut, maka dilakukan pembelajaran di kelas dan di laboratorium, lalu dilanjutkan dengan praktik di lahan praktik. Sehingga dibutuhkan asuhan yang diberikan sanggup meningkatkan kepuasan pasien, penggunaan asuhan yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas asuhan. Tujuan penelitian ini antara lain menganalisis perbedaan motivasi mahasiswa sebelum dan sehabis penerapan model pembelajaran asuhan neonatus terintegrasi pada praktik klinik kebidanan, menganalisis perbedaan kompetensi mahasiswa sebelum dan sehabis penerapan model pembelajaran asuhan neonatus terintegrasi pada praktik klinik kebidanan, menganalisis relasi motivasi dengan kompetensi mahasiswa pada praktik klinik kebidanan, dan menganalisis tugas kompetensi mahasiswa terhadap kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimental dengan one group pre test - post test design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh mahasiswa D III Kebidanan semester IV  Universitas Sebelas Maret dan pasien yang menerima asuhan neonatus. Rancangan analisisnya memakai uji T berpasangan dan uji multivariat memakai regresi linier dengan pemberian SPSS. Motivasi mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran asuhan neonatus terintegrasi berbeda secara bermakna (nilai p < 0,05) dengan peningkatan 40,48%, kompetensi (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) setelah penerapan model pembelajaran asuhan neonatus terintegrasi berbeda secara bermakna (nilai p < 0,05) dengan masing-masing prosentase peningkatan ialah kompetensi 36,68%, pengetahuan 30,58, perilaku 43,02, keterampilan 42,12. Tidak terdapat relasi motivasi dengan kompetensi mahasiswa dengan nilai p>0,05. Terdapat tugas kompetensi mahasiswa terhadap kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan secara bermakna (nilai p < 0,05). Simpulan penelitian ini terdapat perbedaan motivasi dan kompetensi sebelum dan sehabis penerapan model asuhan neonatus terintegrasi, terdapat tugas kompetensi mahasiswa terhadap kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan.
KEYWORDS: Asuhan neonatus; model pembelajaran terintegrasi; motivasi; kompetensi; kepuasan pasien
Penulis: Alfiah Rahmawati, Nanan Sekarwana, Achadiyani Achadiyani, Farid Husin, Anita Deborah Anwar, Meita Dhamayanti, Ishak Abdulhak
Kode Jurnal: jpkebidanandd150504

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel