-->

Paket Lengkap Tugas Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Bayi Balita Dan Anak Pra Sekolah Terintegrasi Terhadap Motivasi Dan Kompetensi Mahasiswa Serta Kepuasan Pasien Pada Praktik Klinik Kebidanan


ABSTRACT: Bidan yang kompeten tidak hanya bisa dalam pengetahuan, perilaku dan keterampilan, namun bisa memperlihatkan asuhan yang berpusat terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat.Hasil uji kompetensi tahun 2013 yang dilakukan terhadap mahasiswa aktivitas studi DIII kebidanan didapatkan hanya 53 % yang lulus. Peningkatan kualitas bidan harus didukung dengan peningkatan kualitas pendidikan. Model pembelajaran terintegrasi diharapkan guna meningkatkan kualitas kompetensi bidan dan sanggup memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuanu ntuk menganalisis tugas penerapan model pembelajaran asuhan bayi balita dan anak rasekolah terintegrasi terhadap motivasi dan kompetensi mahasiswa serta kepuasan pasien dalam praktik klinik kebidanan.Rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan analitik memakai quasi experiment dengan pre-post test design.Populasi penelitian yaitu mahasiswa DIII Kebidanan Universitas Sebelas Maret (UNS)Surakarta semester IV dan ibu yang mempunyai bayi balita dan anak pra sekolah yang mendapat pelayanan dari mahasiswa DIII Kebidanan UNS Surakarta semester IV. Sampel penelitian yaitu total populasi dengan jumlah 37 mahasiswa UNS semester IV dan 37 pasien. Penelitian dilakukan di Prodi D III Kebidanan UNS Surakarta pada bulanApril – Juli 2015.Variabelpenelitianadalahmodel pembelajaran, motivasi, kompetensi dan kepuasan. Analisis data memakai uji wilcoxon, chi square, spearman rank, dan regresi logistik. Hasil penelitian memperlihatkan terdapat dampak penerapan model pembelajaran asuhan bayi balita dan anak pra sekolah terintegrasi terhadap motivasi mahasiswa (52 (43-84) VS 76 (72-92), p< 0,05) dan kompetensi mahasiswa (0 VS 8). Terdapat tugas kompetensi mahasiswa sesudah penerapan model pembelajaran asuhan bayi balita dan anak pra sekolah terintegrasi terhadap kepuasan pasien, p< 0,05. Penerapan asuhan bayi balita dan anak prasekolah terintegrasi sanggup menjadi alternatif dalam pembelajaran di Institusi Kebidanan. Model pembelajaran asuhan bayi balita dan anak prasekolah terintegrasi sanggup meningkatkan motivasi dan kompetensi mahasiswa pada praktik klinik kebidanan. Kompetensi mahasiswa berperan terhadap kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan.
KEYWORDS: Model Pembelajaran Terintegrasi; Motivasi; Kompetensi; Kepuasan dan Kebidanan
Penulis: Vera Renta Siahaan, Deni K. Sunjaya, Meita Dhamayanti, Farid Husin, Nanan Sekarwarna, Rovina Ruslami
Kode Jurnal: jpkebidanandd150505

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel