-->

Paket Lengkap Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Asuhan Persalinan


ABSTRACT: Institusi pendidikan bidan perlu menciptakan suatu taktik pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kompetensi lulusannya. Analisis terhadap mata kuliah asuhan persalinan dilakukan biar diketahui duduk kasus dan rekomendasi perbaikan pembelajaran secara operasional sehingga meningkatkan keterampilan dalam menolong persalinan. Pengembangan media pembelajaran asuhan persalinan dilakukan dengan menciptakan modul dan modifikasi phantom. Penelitian ini memakai desain penelitian operasional, data dan metode analisis yaitu kualitatif dengan pendekatan studi masalah yang bersifat interpretivism. Pengumpulan data memakai metode wawancara mendalam,diskusi kelompok dan observasi serta studi dokumentasi. Subjek penelitian yaitu dosen pengampumata kuliah asuhan persalinan, mahasiswa, dosen penguji skills dan ketua prodi. Analisis data kualitatif mencakup transkripsi, reduksi, koding, kategorisasi dan interpretasi hasil penelitian. Hasil penelitian dari analisis situasi pembelajaran asuhan persalinan, yaitu pada proses perencanaan telah dilakukan perumusan tujuan dan kegiatan serta penyusunan silabus namun planning pelaksanaanpembelajaran dan panduan praktikum belum dibuat. Proses pelaksanaan pembelajaran praktikum belum sesuai dengan planning terutama berkaitan dengan metode, media, jadwal dan waktu praktikum. Proses penilaian penilaian yang dilakukan antar lain responsi, sasaran skill, ujian selesai semester dan ujian keterampilan. Kendala pembelajaran praktikum yaitu kehadiran dosen, keterbatasan sarana dan prasarana, motivasi dan keaktifan mahasiswa serta alokasi waktu. Pengembangan perencanaan dimulai dari memilih tujuan dari standar kompetensi, membuatkan alat evaluasi, menetapkan kegiatan pembelajaran, pemantapan dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan pelaksanaan yang ditawarkan antara lain memilih pre test pelaksanaan praktik, penyampaian pembelajaran sesuaidengan perencanaan, modifikasi media praktikum dan penyusunan panduan praktikum. Pengembangan post test dilakukan pada ranah psikomotor yang dilakukan dosen melalui pengamatan mulai dari persiapan alat, proses praktikum, hasil dokumentasi, perilaku kerja serta waktu yang digunakan. Evaluasi juga dilakukan pada area kognitif dan afektif berupa pembobotan verbal atau responsi (10%), tulis atau pilihan ganda dan essay (30%), portofolio atau makalah dan dokumentasi (20%).
KEYWORDS: Asuhan persalinan; operational research;pengembangan modul praktikum
Penulis: Nurul Kodiyah, Dewi Diah Herawati, Bony Wiem Lestari, Farid Husin, Firman Fuad Wirakusumah, Elsa P Setiawati
Kode Jurnal: jpkebidanandd150494

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel