-->

Paket Lengkap Perbandingan Penggunaan Media Video Dan Metode Ceramah Pengaruh Sikap Seksual Pranikah Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Sampaumur Di Kabupaten Rejang Lebong


ABSTRACT: Perilaku seksual cukup umur ketika ini sudah sangat berisiko, salah satunya disebabkan minimnya isu yang benar mengenai kesehatan reproduksi sehingga menyebabkan bahaya terhadap kesehatan reproduksi. Banyak cukup umur telah melaksanakan sikap seksual berisiko yang ditandai dengan meningkatnya kejadian kehamilan cukup umur dan jerawat menular seksual. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain quasi eksperimen terhadap dua kelompok remaja, yaitu kelompok yang menerima perlakuan media video dan metode ceramah. Penelitian melibatkan 120 cukup umur di SMKN 1 Selupu Rejang dan SMAN 1 SindangKelingi Kabupaten Rejang Lebong pada periode 4−20 November 2015. Data dianalisis dengan uji MannWhitney untuk menguji perbandingan pengetahuan dan sikap remaja. Untuk mengetahui tugas dari mediavideo terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap dihitung besarnya Rasio Risk (RR) dan interval kepercayaan 95%. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yakni kuesioner dan daftar tilik.Hasil penelitian memperlihatkan cukup umur yang diberikan media video mempunyai tingkat pengetahuan dan sikap yang lebih baik dari cukup umur yang diberikan metode ceramah (p<0,05). Penggunaan media video memperlihatkan peluang peningkatan pengetahuan sebesar 1,52 kali dan peluang peningkatan sikap sebesar 1,57 kali dibandingkan memakai metode ceramah. Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan media video mempunyai imbas yang lebih baik dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap cukup umur dibandingkan dengan memakai metode ceramah.
KEYWORDS: Media video; metode ceramah; pengetahuan; sikap seksual; remaja
Penulis: Eva Susanti, Endang Sutedja, Tita Husnitawati Madjid, Farid Husin, Ponpon S Idjradinata, Elsa P Setiawati
Kode Jurnal: jpkebidanandd150484

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel