Paket Lengkap Korelasi Antara Motivasi Berguru Dengan Prestasi Berguru Mahasiswa Perguruan Tinggi Kebidanan Cita-Cita Ibu Pekalongan
Abstrak: Penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang disampaikan oleh dosen merupakan salah satu indicator keberhasilan pengajaran di kampus. Tingkat keberhasilan mahasiswa dalam menguasai materi perkuliahannya dinyatakan dengan prestasi belajar. Prestasi yang dicapai mahasiswa memperlihatkan citra wacana tingkat keberhasilannya dibandingkan dengan mahasiswa lain. Disamping itu motivasi berguru mahasiswa juga akan memilih prestasi belajarnya. Tujuan Penelitian untuk mengetahui bagimana hubungan antara motivasi berguru dengan prestasi berguru mahasiswa Akademi Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif yang bersifat korelasional. Jumlah sampel sejumlah 99 mahasiswa diambil dengan cara proporsional random sampling. Pengumpulan data memakai kuesioner. Uji statistik memakai product moment. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa motivasi berguru mahasiswa tergolong sedang sebesar 69,7%, prestasi berguru mahasiswa tergolong sedang sebesar 69,7%, tidak ada hubungan antara motivasi belajat dengan prestasi berguru mahasiswa (r product moment=0,323). Disarankan semoga institusi lebih meningkatkan kinerjanya guna meminimalkan bahkan menghindari adanya kesulitan berguru pada mahasiswa.
Kata Kunci: motivasi, prestasi belajar
Penulis: Maslikhah, Sri Rahadjeng H, Putri Andanawarih
Kode Jurnal: jpkebidanandd170057