-->

Paket Lengkap Kekerabatan Karakteristik Sosio Demografi, Status Kepesertaan Dengan Kepuasaan Pasien Dalam Pelayanan Kia Di Puskesmas Iii Denpasar Selatan


Abstrak: Kepuasan pasien merupakan bab menyeluruh dalam pelaksanaan jaminan mutu layanan kesehatan yang mencakup lima dimensi tangible, reability, responsiveness, assurance dan empaty.Kepuasaan pasien sangat tergantung pada kualitas pelayanan yang diberikan (Pohan, 2006). Desain penelitian ini yakni cross-sectional analitik. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas III Denpasar. Besar sampel yaitu 78 orang, dengan memakai teknik consecutive sampling. Variabel bebas yakni umur, pendidikan, pekerjaan dan status kepesertaan dan variabel terikatnya kepuasaan pasien. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariate (chi square) dan multivariate (regresi logistic). Sebagian besar usia pasien kategori remaja (51.3%), sebagian besar pendidikannya tinggi (76.9 %), sebagian besar tidak bekerja (62,8%), sebagian besar status kepesertaan asuransi (56,4%) dan sebagian besar menyatakan puas terhadap pelayanan(66.7%). Analisi bivariat diperoleh hubungan yang signifikan antara umur (p=0.002), pendidikan (p=0.004), pekerjaan (0.008) , status kepesertaan (0.024) dengan kepuasaan pasien. Pada analisismultivariate umur mempunyai faktor mayoritas yang bekerjasama signifikan dengan kepuasaan (p=0.014, OR=4,307). Simpulan dari penelitian ini ada hubungan antara variable umur, pendidikan,pekerjaan, pendidikan dan status kepersertaan terhadap kepuasaan pasien. Variabel umur memilikihubungan yang bermakna dan berpeluang 4 kali lebih besar dari pendidikan, pekerjaan dan status kepesertaan dalam mempengaruhi kepuasaan pasien
Kata Kunci: Sosio Demografi, Status Kepesertaan, Kepuasaan Pasien
Penulis: G. A Martha Winingsih, Ni Nyoman Deni Witari
Kode Jurnal: jpkebidanandd170056

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel