-->

Paket Lengkap Kekerabatan Posisi Persalinan Dengan Kemajuan Persalinan Era I Fase Aktif Pada Primigravida


Abstrak: Persalinan merupakan pengeluaran hasil konsepsi (janin dan uri) yang telah cukup bulan atau sanggup hidup dilur kandungan melalui jalan lahir atau melalui jalan lain, dengan proteksi atau tanpa proteksi (kekuatan sendiri). Posisi persalinan sangat penting dibutuhkan sebab sanggup menunjukkan dampak yang samgat baik antara lain sanggup menunjukkan kenyamanan dan besar lengan berkuasa pada proses persalinan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui relasi antara posisi persalinan dengan kemajuan persalinan kala I fase aktifdi BPS ”Ananda ” Desa Ploso Wahyu Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan.
Penelitian ini mengunakan desain analitik non probability sampling dengan populasi sebanyak 25 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu ibu inpartu primigravida fisiologis. Besar sampel yang diperoleh dari 24 responden yang diambil dengan Consecutive sampling. Data dikumpulkan dengan memakai observasi dan partograf dengan variabel independent posisi persalinan dan variabel dependent kemajuan persalinan kala I fase aktif.
Hasil uji statistik Chi-square dengan hasil X² hitung (5,95) >X²tabel (3,841), tingkat kemaknaan dalam penelitian ini yaitu α> 0,05 ada efek yang bermakna antara variabel yang diukur. Dalam penelitian ini HI diterima sehingga ada relasi antara posisi persalinan dengan kemajuan persalinan kala I fase aktif.
Semakin banyak ibu inpartu yang melaksanakan banyak sekali macam posisi persalinan khususnya posisi diluar daerah tidur maka semakin banyak ibu yang mengalami kemajuan persalinan kala I fase aktif Oleh sebab itu rumah sakit atau BPS memperbolehkan banyak sekali macan posisi persalinan pada ketika persalinan kala I fase aktif.
Keywords: Posisi persalinan, Kemajuan persalinan kala I fase aktif
Penulis: Khusnul Nikmah
Kode Jurnal: jpkebidanandd170031

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel