-->

Paket Lengkap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Ihwal Kekurangan Energi Kronik (Kek) Di Puskesmas Kedung Mundu Kecamatan Tembalang Kota Semarang


ABSTRAK: Kejadian KEK di Puskesmas Kedung Mundu Kecamatan Tembalang Kota Semarang pada bulan April 2012 sebanyak 6 ibu hamil atau 3,27% dari 183 ibu hamil dengan jumlah ibu hamil. Faktor yang mengakibatkan KEK yaitu faktor tidak pribadi yaitu sosial ekonomi yang mencakup pendapatan keluarga, pekerjaan ibu, pendidikan ibu, pengetahuan ibu, dan faktor biologis yang mencakup usia ibu hamil, jarak kehamilan, dan paritas (Direktorat Kesehatan RI Tahun 2009).
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil wacana Kekurangan Energi Kronik (KEK) di wilayah kerja Puskesmas Kedung Mundu Kecamatan Tembalang Kota Semarang .
Jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kedung Mundu Semarang Kabupaten Tembalang Kota Semarang pada bulan Mei-Juni 2012. Populasi sebanyak 183 orang, teknik sampling memakai accidental sampling, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 responden dengan instrument penelitian berupa kuesioner. Analisis data memakai univariat.
Hasil penelitian mengatakan bahwa sebagian besar umur responden termasuk kategori reproduksi sehat (20-35 tahun) sebanyak 32 responden (88,9%). Sebagian besar responden berpendidikan final Sekolah Menengah Pertama dan final Sekolah Menengan Atas sebanyak 13 responden (36,1 %). Sebagian besar penghasilan responden yaitu rendah (< Rp 991.500,00) sebanyak 20 responden (55,6 %). Sebagian besar tingkat pengetahuan responden wacana Kurang Energi Kronik (KEK) yaitu kurang sebanyak 14 responden (38,9%).
Disarankan bagi ibu hamil sanggup memperbaiki dan memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil sehingga tidak berdampak pada ibu dan bayinya.
Kata Kunci: umur, pendidikan, penghasilan, tingkat pengetahuan, KEK
Penulis: Shinta Ika Sandhi, Asmanah
Kode Jurnal: jpkebidanandd170032

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel