-->

Paket Lengkap Dampak Teknik Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Tubuh Bayi Usia 0-7 Bulan Di Bps Ny. Aida Hartatik Desa Dlanggu Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan


Abstrak: Sebenarnya terapi pijat ini dipraktekkan hampir diseluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu terapi pijat yang ditemukan ialah terapi pijat pada bayi. Sensasi sentuh dan raba ini merupakan indera yang aktif berfungsi semenjak dini alasannya bayi telah mencicipi semenjak masa janin. Secara ilmiah telah sanggup dibuktikan bahwa terapi sentuh pada bayi memeng bermanfaat baik secara biokimia maupun fisik. Tujuan penelitian ini ialah mencari imbas teknik pijat bayi terhadap kenaikan berat badan. Desain penelitian ini memakai metode Pra Eksperimen (One Group Pretest Design).
Metode sampling yang dipakai ialah simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 bayi. Sample yang diambil 31 bayi.Variabel yang dipakai dalam penelitian ini ialah variabel independent yaitu pijat bayi, sedangkan dependent yaitu kenaikan berat tubuh bayi. Uji analisis dalam penelitian ini ialah Wilcoxon Sign Rank Test.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat imbas yang signifikan pijat bayi terhadap kenaikan berat tubuh bayi dengan signifikasi sebesar 0,000. Dengan hasil t tabel sebesar 0,0 dan p sebesar 0,000. Hal ini memperlihatkan nilai p<0,05 dan nilai z sebesar -3,793 maka H1 diterima.
Penelitian ini memperlihatkan kesempatan pada peneliti lain untuk melaksanakan perbandingan lain yang sanggup menaikkan berat tubuh bayi, sehingga sanggup ditemukan cara lain yang lebih efektif untuk penanggulangan kenaikan berat tubuh bayi. Maka dibutuhkan ibu untuk melaksanakan pijat bayi.
Keywords: Pijat Bayi, Kenaikan Berat Badan Bayi
Penulis: Ida Susila
Kode Jurnal: jpkebidanandd170012

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel