-->

Paket Lengkap Relasi Tingkat Pendidikan Ibu Hamil Trimester Iii Dengan Keteraturan Kunjungan Anc


Abstrak: Pendidikan ibu hamil sangat penting dalam merespon perubahan setiap individupada masa kehamilan. Didapatkan masih rendahnya cakupan K4 di BPS Dwenti. Bilasemakin tinggi pendidikan seseorang, maka makin banyak pengetahuan yang dimilikisehingga perlu menganalisa hubungan tingkat pendidikan ibu hamil trimester III denganperilaku keteraturan kunjungan ANC. Hal ini sesuai dengan teori yang diungkapkanSoekidjo.
Penelitian ini memakai desain analitik observasional dengan pendekatan crosectional.Jumlah sampel dalam penelitian ini 32 ibu hamil, sebagai sampel 30responden. Dengan tehnik randem sampling. Variabel independen ini merupakantingkat pendidikan ibu hamil Trimester III, dan variabel dependennya keteraturankunjungan ANC Trimester III. Analisa penelitian dengan uji Coefisien kontigensi,instrumen penelitian ini dengan cheklist. Dengan tingkat kemagnaan P < 0,05.
Hasil penelitian didapatkan berdasarkan tingkat pendidikan diperoleh hasil tertinggiberpendidikan dasar sebanyak (60%), dan berdasarkan keteraturan ANC tertinggi tidakteratur ANC sebanyak (66,67%), hubungan pendidikan dengan keteraturan ANCtertinggi berpendidikan dasar sebanyak (85,0%). Hasil di uji dengan koefisien kontigensi dengan tingkat kemagnaan 0,000 dengan pembagian terstruktur mengenai p < 0,05, artinya H0ditolak.
Kesimpulan penelitian yakni ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu hamil trimester III dengan keteraturan kunjungan ANC. Semakin tinggi pendidikan seseorangakan menghipnotis sikap seseorang untuk melaksanakan kunjungan maka pendidikanharus ditingkatkan pada seluruh masyarakat khusus ibu hamil.
Kata kunci: Tingkat pendidikan, keteraturan kunjungan, ibu hamil
Penulis: Eka Sarofah Ningsih
Kode Jurnal: jpkebidanandd170001

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel