Belajar Kapal Api - Robert Fulton
Robert Fulton (14 November 1765 – 24 Februari 1815) ialah seorang insinyur dan penemu yang secara luas dipuji sebab menyebarkan kapal uap pertama yang sukses secara komersial. Di tahun 1800 beliau ditugaskan oleh Napoleon Bonaparte untuk merancang Nautilus, yang pertama dalam sejarah kapal selam praktis.
Fulton telah tertarik pada kapal uap pada tahun 1777 saat ia mengunjungi William Henry dari Lancaster, Pennsylvania, yang sebelumnya berguru wacana mesi uap James Watt pada kunjungan ke Inggris. Henry lalu membuat mesin sendiri dan pada tahun 1767 ia telah mencoba meletakkan mesin ke perahu. Eksperimen itu gagal sebab kapal tenggelam, tetapi minatnya terus berlanjut.
Pada 1786, Fulton pergi untuk berguru melukis di Paris, dan di sana ia bertemu James Rumsey, yang duduk untuk potret di studio Benyamin Barat di mana Fulton ialah seorang murid. Rumsey ialah seorang penemu dari Virginia yang mengelola sendiri kapal uap pertama di Shepherdstown (sekarang di West Virginia) pada tahun 1786. Pada awal 1793, Fulton mengusulkan rencana untuk kapal bertenaga uap baik Amerika Serikat dan pemerintah Inggris, dan di Inggris ia bertemu dengan Duke of Bridgewater, yang jalan masuk dipakai untuk pengadilan terhadap uap menarik, dan yang lalu memerintahkan kapal penarik uap dari william Symington. Symington telah berhasil mencoba kapal uap pada 1788, dan sepertinya mungkin bahwa Fulton menyadari perkembangan ini.
Percobaan pertama yang berhasil lari dari sebuah kapal uap telah dibuat oleh penemu John Fitch pada Sungai Delaware pada 22 Agustus 1787, di hadapan delegasi dari Konvensi Konstitusional. Hal ini didorong oleh bank dayung di kedua sisi kapal. Tahun berikutnya Fitch meluncurkan 60 kaki (18 m) bahtera diaktifkan oleh mesin uap mengemudi mount beberapa dayung buritan. Mengayuh dayung ini dengan cara yang ibarat dengan gerakan bak kaki bebek. Dengan bahtera ini ia membawa tiga puluh penumpang pada banyak sekali round-trip perjalanan antara Philadelphia dan Burlington, New Jersey.
Fitch diberikan hak paten pada 26 Agustus 1791, sesudah pertempuran dengan Rumsey, yang telah membuat inovasi serupa. Sayangnya yang gres dibuat Komisi Paten tidak penghargaan monopoli paten yang luas bahwa Fitch sudah minta, tapi paten jenis modern, untuk desain gres Fitch kapal uap. Ini juga diberikan paten untuk Rumsey dan John Stevens untuk desain kapal mereka, dan hilangnya monopoli menimbulkan banyak di Fitch investor untuk meninggalkan perusahaannya. Sementara bahtera mekanis berhasil, Fitch tidak membayar perhatian yang cukup kepada konstruksi dan biaya operasi dan tidak bisa membenarkan manfaat ekonomi navigasi uap. Itu Fulton yang akan mengubah inspirasi Fitch menguntungkan dekade kemudian.
Tahun 1797, Fulton pergi ke Perancis, di mana Claude de Jouffroy telah membuat kapal uap yg beroda kerja pada tahun 1783, dan mulai bereksperimen dengan torpedo kapal selam dan kapal torpedo. Fulton ialah penemu panorama pertama akan ditampilkan di Paris, yang final pada 1800. Jalan di mana panorama ditunjukkan masih disebut ” ‘Rue des Panorames’” (Panorama Street) sekarang.
Fulton merancang kerja kapal selam pertama, Nautilus antara 1793 dan 1797, saat tinggal di Perancis. Dia meminta pemerintah untuk mensubsidi pembangunannya tapi ia menoleh ke bawah dua kali. Akhirnya ia mendekati Menteri Kelautan dirinya sendiri dan pada tahun 1800 diberi izin untuk membangun.
Fulton menyajikan kapal uap nya untuk Bonaparte pada tahun 1803. Di Perancis Fulton juga bertemu dengan Kanselir Robert R. Livingston yang ditunjuk sebagai Duta Besar AS untuk Prancis pada tahun 1801, dan mereka memutuskan untuk membangun sebuah kapal bahu-membahu dan coba jalankan di Seine. Fulton bereksperimen dengan air kendala dari banyak sekali bentuk lambung, membuat gambar dan model, dan punya kapal uap dibangun. Pada sidang pertama bahtera berlari sempurna, tapi lambung ini lalu dibangun kembali dan diperkuat, dan pada 9 Agustus 1803, bahtera ini dikukus hingga Sungai Seine. Perahu itu 66 kaki (20,1 m) panjang, 8 kaki (2,4 m) beam, dan dibuat antara 3 dan 4 mil per jam (4.8 dan 6.4 km/h) melawan arus.
Pada tahun 1806, Kanselir menikah Fulton keponakan Livingston Harriet (yang ialah putri dari Walter Livingston), dan mereka lalu mempunyai empat anak: Robert, Julia, Mary dan Cornelia.
Pada 1807, Fulton dan Livingston bahu-membahu membangun kapal komersial pertama, Steamboat Sungai Utara (kemudian dikenal sebagai Clermont), yang membawa penumpang antara New York City dan Albany, New York. Yang Clermont bisa membuat sekitar 300 mil perjalanan di 62 jam. Dari 1811 hingga kematiannya, Fulton ialah anggota Komisi Canal Erie.
Fulton meninggal pada 1815. Ia dimakamkan di Pemakaman Gereja Trinitas di New York City, bersama dengan Amerika populer ibarat Alexander Hamilton dan Albert Gallatin.