Paket Lengkap Dampak Komunikasi Pemasaran, Pengalaman Dan Kualitas Jasa Terhadap Gambaran Dan Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Wisatawan Nusantara (Survei Kawasan Rekreasi Penderasan Di Kabupaten Bogor)
Abstract: Penelitian bertujuan untuk mendapat gambaran terkait komunikasi pemasaran, pengalaman dan kualitas jasa sebagai penyebab terbentuknya gambaran dan kepuasan serta dampaknya pada loyalitas wisatawan nusantara di daerah rekreasi air terjun. Objek penelitian ini yaitu daerah wisata penderasan di Bogor, yaitu Curug Bidadari dan Curug Nangka. Jumlah sampel yang akseptabel dalam penelitian ini yaitu 50 responden. Jumlah ini merupakan ukuran sampel kritis dalam pengukuran sampel yang diharapkan melalui SEM Partial Least Square (PLS). Dari kuesioner yang disebar pada kedua penderasan tersebut, terkumpul 114 kuesioner lengkap yang sanggup diolah. Data yang dianalisis pada penelitian ini memakai metode Partial Least Square (PLS) dan memakai tools SmartPLS. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa komunikasi pemasaran bekerjasama signifikan terhadap citra. Hal ini mengatakan bahwa komunikasi yang menarik akan membentuk gambaran yang nyata dan mendorong wisatawan berkunjung. Dibandingkan dengan komunikasi pemasaran, pengalaman lebih berperan dalam membentuk gambaran daerah rekreasi. Kualitas jasa bekerjasama signifikan terhadap citra. Kualitas jasa kuat paling mayoritas terhadap gambaran dibandingkan pengalaman dan komunikasi. Kualitas jasa bekerjasama signifikan terhadap kepuasan. Kualitas jasa tidak bekerjasama signifikan terhadap loyalitas. Citra bekerjasama signifikan terhadap kepuasan. Citra tidak bekerjasama signifikan terhadap loyalitas. Walaupun secara pribadi gambaran tidak kuat terhadap loyalitas, tetapi gambaran kuat tidak pribadi terhadap loyalitas melalui kepuasan. Kepuasan bekerjasama signifikan terhadap loyalitas. Dari semua variabel yang mempunyai imbas terhadap loyalitas imbas terbesar yaitu variabel kepuasan responden, yaitu promosi yang dilakukan daerah rekreasi ini sebagai suatu daerah rekreasi.
Keywords: citra, experience, image, kepuasan, komunikasi pemasaran, kualitas jasa, loyalitas, loyalty, marketing communications, pengalaman, satisfaction, service quality
Penulis: Wiwin Siswantini
Kode Jurnal: jpmanajemendd170008