Paket Lengkap Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Produk
Abstract: Pasar dunia yang semakin kompetitif, menciptakan dunia perjuangan khususnya industri obat tradisional dituntut untuk profesional, serta sanggup menanggapi kebutuhan konsumen. PT Karya Pak Oles yang bergerak pada industri obat tradisional harus sanggup mengetahui situasi dan mempunyai suatu keunggulan bersaing. Bauran pemasaran sangat berperan penting dalam dunia perjuangan ketika ini, sebab kepuasan dan loyalitas konsumen tercipta dari taktik yang baik oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini menganalisis apakah komponen dari bauran pemasaran kuat konkret pada kepuasan dan dampak kepuasan terhadap loyalitas konsumen.
Penelitian ini memakai metode survey. Data dikumpulkan dengan metode purposive sampling menggunkan alat penelitian berupa kuisioner dengan jumlah sampel 421 responden yang berada di Denpasar selama bulan Januari hingga April 1016. Kuisioner diuji validitas dan reliabilitasnya terhadap responden pelanggan produk buatan PT Karya Pak Oles. Hasil kuisioner lalu dianalisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui karakteristik responden. Analisis kuantitatif untuk mengetahui kinerja bauran pemasaran, serta mengetahui korelasi antara bauran pemasaran dengan terhadap kepuasan dan loyalitas.
Pada penelitian didapatkan hasil bahwa setiap komponen komponen bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan tempat) dampak konkret terhadap kepuasan. Dimana komponen bauran pemasaran yang mempunyai dampak lebih banyak didominasi yaitu harga dan diikuti oleh produk. Hubungan kepuasan konsumen terhadap loyalitas menawarkan dampak konkret terhadap loyalitas konsumen PT Pak Oles di Denpasar
Kata kunci: bauran pemasaran, kepuasan, loyalitas
Penulis: Putu Yudhistira Budhi Setiawan
Kode Jurnal: jpfarmasidd160792
