-->

Paket Lengkap Imbas Edukasi Apoteker Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Terkait Teknik Penggunaan Obat


Abstrak: Tidak semua masyarakat paham perihal obat dan teknik penggunaan obat, sehingga menjadi penyebab pengobatan tidak optimal atau kegagalan pengobatan. Hal ini sanggup disebabkan minimnya pengetahuan dan kemampuan masyarakat terkait teknik penggunaan obat. Oleh lantaran itu diperlukan edukasi dan optimalisasi kemampuan masyarakat berkaitan dengan teknik penggunaan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek edukasi apoteker terhadap pengetahuan dan perilaku masyarakat terkait teknik penggunaan obat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pamijen Kecamatan Baturaden Purwokerto pada bulan Mei 2017. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Jumlah sampel yang didapat sebesar 30 responden yang merupakan kader PKK dan kader POSYANDU Desa Pamijen Baturaden Purwokerto. Teknik pengumpulan data melalui pretest-postest design memakai kuesioner. Parameter yang dinilai yaitu pengetahuan dan perilaku masyarakat terkait penggunaan obat. Analisis data dilakukan memakai Wilcoxon Sign Rank Test dan Uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan responden sebelum dan sehabis edukasi oleh apoteker, dibuktikan dengan nilai p sebesar 0,004 (p≤ 0,05). Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya peningkatan perilaku responden sebelum sumbangan edukasi dengan perilaku responden sehabis sumbangan edukasi terkait teknik penggunaan obat, dibuktikan dengan nilai sebesar 0,284 (p≥ 0,05). Dapat disimpulkan bahwa edukasi apoteker mempengaruhi pengetahuan masyarakat terkait teknik penggunaan obat, tetapi tidak mempengaruhi perilaku masayarakt terhadap teknik penggunaan obat.
Kata Kunci:  Obat, edukasi, penggunaan obat
Penulis: Hening Pratiwi, Nur Amalia Choironi, Warsinah
Kode Jurnal: jpfarmasidd170306

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel