Paket Lengkap Profil Kualitas Pelayanan Resep Oleh Apoteker Di Beberapa Apotek Kecamatan Klojen Kota Malang
Abstract: Pelayanan resep ialah pelayanan terhadap seruan tertulis dari dokter, dokter gigi dan dokter binatang kepada apoteker untuk menyediakan dan menyerahkan obat bagi pasien sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan mengetahui citra kualitas pelayanan farmasi pada pelayanan resep oleh apoteker. Penelitian ini memakai teknik purposive sampling untuk menentukan apotek mana yang dipakai sebagai kawasan penelitian dan teknik simple random sampling untuk menentukan sampel pasien. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah kuesioner yang memakai standar SERVQUAL. Apotek yang sesuai dengan kriteria penelitian sebanyak 8 apotek, namun data yang diperoleh pada penelitian ini hanya berasal dari 7 apotek, sebab pada 1 apotek tidak mendapat data (gugur). Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 pasien. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa pasien yang menebus resep di apotek mempunyai impian tinggi terhadap layanan yang diberikan dengan rata-rata evaluasi sebesar 6,55 namun kenyataan yang dirasakan tidak bisa memenuhi impian pasien dengan rata-rata evaluasi sebesar 5,76. Nilai secara keseluruhan kualitas pelayanan farmasi pada pelayanan resep oleh apoteker tergolong rendah dengan nilai sebesar -0,79. Kesimpulan yang diperoleh yaitu kualitas pelayanan farmasi pada pelayanan resep oleh apoteker masih memerlukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik
Kata kunci: Kualitas pelayanan, pelayanan resep, metode SERVQUAL
Penulis: yoga angga sulistya, hananditia rachma pramestutie, bambang sidharta
Kode Jurnal: jpfarmasidd170063
