Paket Lengkap Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Umum Tempat Klungkung Tahun 2016
ABSTRACT: Pelayanan kefarmasian memiliki peranan strategis dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan yang kurang optimal sanggup menyebabkan ketidakpuasan pasien. Pasien akan merasa puas apabila ada persamaan antara impian dan kenyataan pelayanan kesehatan yang sanggup memuaskan pelanggan, oleh alasannya yakni itu penulis ingin mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Klungkung.Penelitian ini merupakan penelitian yang memakai pendekatan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung. Penelitian dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner yang dibentuk oleh I Gede Agus Handi Krisnawan dengan reliabilitas 0,947 yang berisi lima indikator yaitu reliability (kehandalan), assurance (keyakinan), tangible (berwujud), empathy (empati), responsiveness (cepat tanggap). Dari hasil perhitungan dan analisa data, pada masing-masing indikator diperoleh prosentase sebagai berikut : tangible 53,33% dengan klisifikasi cukup puas, responsiveness 28,80% dengan pembagian terstruktur mengenai tidak puas, assurance dengan prosentase 65,88% dengan pembagian terstruktur mengenai cukup puas, empathy 56,23% dengan pembagian terstruktur mengenai cukup puas, dan reliability 45,33% dengan pembagian terstruktur mengenai kurang puas. Disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah klungkung yakni kurang puas.
KEYWORDS: pelayanan kefarmasian, Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung, tingkat kepuasan
Penulis: Fitria Megawati, Ni Putu Udayana Antari
Kode Jurnal: jpfarmasidd170273