Paket Lengkap Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat Di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang
Abstract: Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian dimana apotek merupakan daerah dilakukannya praktek kefarmasian oleh seorang apoteker. Perkembangan yang pesat telah terjadi di apotek dimana terdapat paradigma apotek yang gres adalah dari drug oriented (pelayanan obat) menjadi patient oriented (pelayanan pasien) yang mengacu pada asuhan kefarmasian (pharmaceutical care) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di apotek wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang sehingga apotek sanggup meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional, dimana data diambil dengan memakai kuesioner terhadap pasien yang berkunjung atau membeli obat di apotek tersebut.. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pasien atau masyarakat yang membeli obat di apotek wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang merasa puas terhadap pelayanan obat yang diberikan oleh apotek tersebut. Hasil penelitian ini sanggup dipakai sebagai pemacu sarana pelayanan kefarmasian yang lain untuk mempertahankan serta memperlihatkan pelayanan kefarmasian kepada pasien untuk menjadi lebih baik lagi.
Kata kunci: Apotek, kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian
Penulis: Puspita Septie Dianita, Elmiawati Latifah
Kode Jurnal: jpfarmasidd170217
