Paket Lengkap Analisis Kinerja Pelayanan Prodi D Iii Farmasi Politeknik Keinginan Bersama Tegal Kepuasan Mahasiswa
Abstract: Mutu sanggup didefinisikan sebagai sesuatu yang memuaskan dan melampaui impian dan kebutuhan pelanggan. Definisi ini disebut juga dengan istilah, mutu sesuai persepsi (quality in perception). Mutu ini sanggup disebut sebagai mutu yang hanya ada di mata orang yang melihatnya. Ini merupakan definisi yang sangat penting. Sebab, ada satu resiko yang seringkali kita abaikan dari definisi ini, yaitu kenyataan bahwa para pelanggan yaitu pihak yang menciptakan keputusan terhadap mutu. Dan mereka melaksanakan penilaian tersebut dengan merujuk pada produk terbaik yang sanggup bertahan dalam persaingan. Penelitian ini memakai dua variable bebas (ekspektasi dan persepsi) dengan lima dimensi, yaitu : tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy sedangkan variabel tergantung yaitu tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan penyelenggaraan pendidikan Prodi D III Farmasi PoliTeknik Tegal. Kualitas pelayanan pada Program studi D III Faramsi PoliTeknik Harapan Bersama Tegal rata-rata mempunyai kategori baik, di mana nilai rata-rata terendah berada pada angka 2,3167 dan angka tertinggi berada pada 3,3667. Dimensi kualitas pelayanan yang mempunyai nilai terendah sebesar yaitu dimensi daya tanggap dan dimensi tenggang rasa dimana dimensi tersebut harus menjadi penilaian utama untuk meningkatkan kualitas pelayan terhadap mahasiswa.
Kata kunci: tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy
Penulis: Heru Nurcahyo
Kode Jurnal: jpfarmasidd140537
