Paket Lengkap Efek Reputasi, Kompetensi, Kesukaan Dan Kepercayaan Merek Pada Loyalitas Merek (Studi Pada Konsumen Kosmetik The Body Shop Di Tempat Istimewa Yogyakarta)
Abstract: Meningkatnya persaingan antar perusahaan menjadikan banyak bermunculan produk-produk yang serupa. Hal ini merupakan latar belakang pentingnya dilakukan upaya untuk mempertahankan loyalitas merek. Reputasi merek, kompetensi merek, kesukaan pada merek merupakan faktor-faktor yang sanggup menawarkan dampak kasatmata dan signifikan terhadap keyakinan dan loyalitas konsumen terhadap suatu merek. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan instrumen berupa kuesioner, dengan jumlah responden sebesar 100 responden. Pada analisis data dihasilkan bahwa reputasi merek menawarkan imbas kasatmata dan signnifikanterhadap keyakinan merek (koefisien beta= 0,487; thitung= 5,371˃ ttabel= 1,984; sig.=0,000 <0,05); Kompetensi merek tidak menawarkan imbas terhadap keyakinan merek (koefisien beta= 0,154; thitung= 1,722< ttabel= 1,984; sig.= 0,088˃ 0,05); Kesukaan akan merek menawarkan imbas kasatmata dan signifikan terhadap keyakinan merek (koefisien beta= 0,318; thitung= 5,115˃ ttabel= 1,660; sig.= 0,000< 0,05); Reputasi merek, kompetensi merek dan kesukaan akan merek secara bahu-membahu menawarkan imbas kasatmata dan signifikan terhadap keyakinan merek (F hitung = 33,674 ˃ F tabel = 2,680 ;sig.=0,000<0,05); Kepercayaan merek menawarkan imbas kasatmata pada loyalitas konsumen (koefisien beta= 0,775 ;thitung = 11,962 ˃ttabel=1,984 ;sig.=0,000<0,05).
Kata kunci: keyakinan merek, loyalitas merek, The Body Shop
Penulis: Veny Tambunan
Kode Jurnal: jpfarmasidd140619
