Paket Lengkap Analisis Imbas Kesadaran Akan Pelayanan Prima Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Rsud Supiori - Papua
ABSTRAK: Seluruh sistem pelayanan yang baik yakni dengan berorientasi kepada kepuasan pasien, disamping aspek akomodasi rumah sakit, peranan dokter, paramedis dan non medis menjadi sangat penting alasannya yakni kinerja mereka akan memilih persepsi dan kinerja yang dirasakan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Untuk melaksanakan pelayanan yang baik dibutuhkan adanya motivasi yang didukung oleh kesadaran wacana pentingnya pelayanan prima. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat pengetahuan karyawan wacana layanan prima, melihat hubungan tingkat pengetahuan karyawan akan layanan prima dengan tingkat kesadaran akan layanan prima, dan untuk melihat bagaimana efek kesadaran akan layanan prima terhadap motivasi kerja karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Supiori.
Subyek penelitian ini sebanyak 37 orang yang merupakan karyawan tetap RSUD Supiori, lalu dianalisis memakai analisis visual binning kegiatan SPSS 17 for windows untuk melihat tingkat pengetahuan karyawan wacana layanan prima, metode analisis hubungan untuk melihat hubungan tingkat pengetahuan karyawan akan layanan prima dengan tingkat kesadaran akan layanan prima, dan metode analisis regresi untuk melihat bagaimana efek kesadaran akan layanan prima terhadap motivasi kerja karyawan RSUD Supiori memakai kegiatan SPSS 17 for windows.
Hasil mengatakan bahwa tingkat pengetahuan responden yang dikategorikan baik sebanyak 59,5% dan sebanyak 40,5% dikategorikan tidak baik. Pengetahuan wacana pelayanan prima dengan tingkat kesadaran akan pelayanan prima berkorelasi aktual dengan r hitung sebesar 0,692. Pengaruh kesadaran akan pelayanan prima terhadap motivasi kerja pada karyawan di RSUD Supiori sebesar 12,7% dengan persamaan regresi Y = 12,943 + 0,324 X.
Kata Kunci: Pelayanan prima, motivasi kerja
Penulis: Feranianty Harpina
Kode Jurnal: jpfarmasidd120351
