Paket Lengkap Kekerabatan Pemberian Keluarga Dengan Kemampuan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di Slb Yayasan Senang Kota Tasikmalaya
Abstract: ABK tunarungu mempunyai problem yang menonjol pada kemampuan keterampilan sosial alasannya keterbatasan kemampuan mendengar mereka. Kemampuan keterampilan sosial sanggup ditingkatkan dengan adanya sumbangan keluarga. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui hubungan sumbangan keluarga dengan kemampuan sosial ABK; tunarungu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimen dengan desain penelitian deskriptif korelasional dengan memakai pendekatan cross sectional. Populasi ialah 34 wali murid di SLB Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya. Metode samplingnya ialah total sampling. Variabel penelitian ialah sumbangan keluarga, kemampuan keterampilan sosial ABK; Tunarungu. Alat ukur yang dipakai ialah kuesioner. Hasil penelitian memakai uji statistik product momen person, Analisis univariat menerangkan 21 (61.8%) responden sumbangan keluarga yang baik, 13 (38.2%) responden sumbangan keluarga yang kurang, dan kemampuan keterampilan sosial terdiri dari 20 (58.8%) anak mempunyai kemampuan keterampilan sosial baik dan 14 (41.2%) anak mempunyai kemampuan keterampilan sosial kurang. Hasil penelitian menawarkan ada hubungan sumbangan keluarga dengan kemampuan keterampilan sosial dengan nilai p-value 0.001 menawarkan kekuatan tingkat hubungan korelasinya sedang dan searah berarti semakin baik sumbangan keluarga maka semakin baik pula kemampuan keterampilan sosial yang dimiliki anak tunarungu. Kemampuan keterampilan sosial yang kurang pada anak tunarungu sanggup diminimalisir oleh keluarga alasannya keluarga ialah orang yang paling bersahabat dan mempunyai intensitas baik untuk bersama dengan anak tunarungu.
Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Kemampuan Keterampilan Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus, Tunarungu
Penulis: Asep Mulyana, Ade Iwan Mutiudin
Kode Jurnal: jpkebidanandd180036
