Paket Lengkap Penilaian Implementasi Metode Pembelajaran Sgd (Small Group Discussion)
ABSTRACT: Mahasiswa sudah terpapar metode pembelajaran SCL khususnya pada mata kuliah KMB. Namun output yaitu hasil berguru belum maksimal. Mata kuliah ini membutuhkan pemahaman dan hafalan yang mendalam sehingga nilai A hanya didapatkan sekitar 10 % dari seluruh mahasiswa. Menurut observasi dan wawancara, metode pembelajaran yang sering dipakai yakni SGD (Small Group Discussion) namun pelaksanaannya belum optimal.Metode Penelitian : Strategi Penelitian Explaratory Sekuensial. Desain penelitian mixed method. Populasi dalam penelitian ini yakni mahasiswa aktif Keperawatan S1 semester 5 UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) yang berjumlah 103 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni total sampling.Hasil Penelitian : Hasil penelitian kualitatif didapatkan beberapa permasalahan terkait mahasiswa, proses metode pembelajaran, sarana prasarana dan juga SDM (sumber daya manusia). Hasil penelitian kuantitatif mengatakan bahwa tidak adanya pembagian tugas mahasiswa, tugas tutor kurang maksimal, performa individu mahasiswa didominasi nilai tidak memuaskan dan tidak dilakukannya langkah formulating learning issue dan self study implementasi metode pembelajaran SGD. Kesimpulan : Berdasarkan penilaian implementasi pada metode pembelajaran SGD didapatkan hasil bahwa terdapat permasalahan pada mahasiswa yaitu kurangnya partisipasi aktif mahasiswa, jumlah mahasiswa yang terlalu banyak. Permasalahan pada metode pembelajaran yakni tidak dilakukannya langkah self study dan formulating learning issue. Permasalahan pada sarana prasarana yakni penggunaan ruang kelas yang padat. Permasalahan pada SDM yaitu kurangnya fasilitator.
Kata kunci: Metode pembelajaran SGD (Small Group Discussion), mahasiswa
Penulis: Hana Rosiana Ulfah, Sri Sundari, Moh. Afandi
Kode Jurnal: jpkebidanandd170232
