Paket Lengkap Efektifitas Model Duduk Kasus Based Learning Terhadap Tingkat Partisipasi Berguru Pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan Pada Kegiatan Diploma
Abstrak: Asuhan kebidanan kehamilan merupakan mata kuliah pendidikan kesehatan dalam hal ini kebidanan supaya mendapat hasil yang optimal dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif, salahsatunya ialah Problem based learning. Maka dari itu peneliti ingin menganalisa efektifitas. ModelProblem Based Learning dalam pembelajaran Asuhan Kebidanan Kehamilan pada Program Diploma.Penelitian ini dilakukan di STIKes Patria Husada Blitar, yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari–8Maret 2013. Metode: Jenis penelitian ini ialah kuantitatif, True experimental. Populasi dan Sampel padapenelitian ini ialah mahasiswa semester III sejumlah 38 mahasiswa, yang dibagi menjadi 2 kelompok yangdipilih secara random. Kelompok Problem Based Learning (perlakuan) 20 orang dibagi menjadi 4 kelompoksatu kelompok 5 orang. Variabel independent Problem Based Learning, Variabel dependent partisipasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat imbas yang signifikan antara pre dan post test pada hasil partisipasi belajar
Kata Kunci: duduk perkara based learning, partisipasi belajar, hasil belajar, asuhan kebidanan kehamilan
Penulis: Nevy Norma Renityas
Kode Jurnal: jpkebidanandd150510
