Paket Lengkap Efektifitas Model Persoalan Based Learning Terhadap Tingkat Partisipasi Berguru Pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan Pada Aktivitas Diploma
Abstrak: Asuhan kebidanan kehamilan merupakan mata kuliah pendidikan kesehatan dalam hal ini kebidanan semoga mendapat hasil yang optimal diharapkan model pembelajaran yang inovatif, salahsatunya yaitu Problem based learning. Maka dari itu peneliti ingin menganalisa efektifitas. ModelProblem Based Learning dalam pembelajaran Asuhan Kebidanan Kehamilan pada Program Diploma.Penelitian ini dilakukan di STIKes Patria Husada Blitar, yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari–8Maret 2013. Metode: Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, True experimental. Populasi dan Sampel padapenelitian ini yaitu mahasiswa semester III sejumlah 38 mahasiswa, yang dibagi menjadi 2 kelompok yang dipilih secara random. Kelompok Problem Based Learning (perlakuan) 20 orang dibagi menjadi 4 kelompoksatu kelompok 5 orang. Variabel independent Problem Based Learning, Variabel dependent partisipasibelajar. Hasil penelitian mengatakan Terdapat efek yang signifikan antara pre dan post test pada hasil partisipasi belajar
Kata Kunci: duduk kasus based learning, partisipasi belajar, hasil belajar, asuhan kebidanan kehamilan
Penulis: Nevy Norma Renityas
Kode Jurnal: jpkebidanandd150486
