Paket Lengkap Citra Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Depo Bpjs Rsud Ulin Banjarmasin
Abstrak: Pelayanan kefarmasian yaitu suatu pelayanan pribadi dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Salah satu sarana pelayanan kesehatan yaitu rumah sakit. Rumah sakit dituntut memperlihatkan pelayanan yang berkualitas guna terciptanya suatu kepuasan. Kepuasan dekat kaitannya dengan pelayanan yang dibutuhkan dan kenyataan pelayanan yang telah diberikan. Oleh alasannya itu perlu adanya pengukuran kepuasan pasien untuk melihat sejauh mana pelayanan yang diberikan sesuai dengan impian pasien.
Penelitian ini memakai teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian dilakukan pada bulan juli 2017, dengan memperlihatkan lembar kuisioner kepada pasien yang berkunjung dan pernah mendapatkan pelayanan kefarmasian di depo BPJS RSUD Ulin Banjarmasin pada periode.
Hasil penelitian pada 223 responden yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di depo BPJS RSUD Ulin Banjarmasin didapat tingkat kepuasan pada 5 dimensi terbanyak yaitu kategori puas berjumlah 190 orang (85,20%), tingkat kepuasan terbanyak berikutnya yaitu kategori sangat puas berjumlah 20 orang (8,97%), dan tingkat kepuasan paling sedikit yaitu kategori tidak puas berjumlah 13 orang (5,83%). Hasil penelitian menerangkan dimensi dengan skor kepuasan tertinggi yaitu aspek Tangibles yaitu 930 (69,50%). Hasil tingkat kepuasan semua dimensi berada pada kategori puas.
Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Depo BPJS, RSUD Ulin
Penulis: Noverda Ayuchecaria, Luluk Purwatini, Gusti Ayu Damayanti
Kode Jurnal: jpfarmasidd180113
