-->

Paket Lengkap Penilaian Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Di Apotek “X”


Abstrak: Pelayanan  kefarmasian merupakan pelayanan  kesehatan yang memiliki kiprah penting dalam mewujudkan kesehatan bermutu, dimana apoteker sebagai  bagian  dari tenaga  kesehatan  mempunyai  tugas  dan  tanggung jawab  dalam  mewujudkan pelayanan kefarmasian yang berkualitas. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui kepuasaan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek “X” Jl.Kuripan menurut 5 dimensi dan untuk mengetahui faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kepuasan pasien.
Penelitian ini bersifat deskriptif dimana penelitian ini akan menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek “X” dan faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kepuasan pasien. Populasi yaitu semua pasien yang berkunjung di Apotek “X”. Sampel penelitian ini yaitu semua pasien yang membeli obat dengan resep di Apotek “X” yang berjumlah sebanyak 112 orang. Teknik pengumpulan data memakai kuisioner. Pengolahan data dilakukan dengan melaksanakan perhitungan persentase tiap balasan yang diberikan oleh responden. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, sanggup dilihat tingkat kepuasan pasien untuk setiap butir pertanyaan pada masing-masing dimensi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka sanggup disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek “X” berkualitas cukup memuaskan dan faktor yang menghipnotis kepuasan pasien pada dimensi reliability yaitu kepastian jadwal pelayanan, kecepatan dan ketanggapan petugas dalam pelayanan, dimensi responsiveness yaitu kepastian usang pengerjaan resep, respon petugas apotek terhadap keluhan/pertanyaan pasien, dimensi assurance yaitu kualitas dan mutu obat yang diberikan, pinjaman isu obat yang lengkap dan jelas, pengetahuan petugas apotek ihwal obat, dimensi emphaty yaitu keramahan dan kesopanan petugas apotek, kesediaan petugas apotek dalam meminta maaf kepada pasien, dan dimensi tangibles yaitu sarana dan prasana apotek, penampilan petugas apotek.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Pelayanan kefarmasian, Apotek “X”
Penulis: Ratih Pratiwi Sari
Kode Jurnal: jpfarmasidd170277

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel