-->

Paket Lengkap Analisis Persepsi Dan Faktor Yang Menghipnotis Persepsi Terhadap Penerapan Sistem Pembiayaan Jkn Pada Akomodasi Kesehatan Penunjang Di D. I. Yogyakarta


Abstract: Perubahan model pembayaran dari model fee for service menjadi kapitasi dan sistem pembayaran eksklusif di kemudahan kesehatan penunjang masih menimbulkan duduk masalah mutu pelayanan. Akibatnya masyarakat masih ragu dengan mutu pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sistem pembayaran JKN dilihat dari sudut pandang pasien di Apotek Program Rujuk Balik (PRB), apotek jejaring, dan apotek klinik pratama. Metode penelitian ini yaitu deskriptif analitik dengan desain survey cross sectional. Data diambil secara kuantitatif memakai kuesioner dan data kualitatif melalui wawancara. Kuesioner yang terdiri dari indikator kualitas, jumlah, ketersediaan, dan pembayaran obat diberikan kepada 205 pasien rawat jalan bulan Agustus hingga September 2015 di 18 spotek di D.I Yogyakarta. Data dianalisis memakai uji statistik terkomputerisasi untuk mengetahui perbedaan persepsi pasien dan mengetahui korelasi sosio-demografi serta jenis kepesertaan terhadap persepsi pasien. Hasil analisis didapatkan bahwa terdapat perbedaan persepsi pasien pada indikator kualitas (p = 0,000) dan indikator ketersediaan (p = 0,000), namun tidak terdapat perbedaan persepsi pasien pada indikator jumlah (p= 0,667) dan indikator pembayaran (p = 0,057). Terdapat imbas karateristik pasien terhadap persepsi pasien menurut jenis apotek ( p = 0,006) dan usia (p = 0,019), namun tidak terdapat imbas sosio-demografi pasien: jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan perbulan terhadap persepsi, dengan nilai p berturut-turut sebagai berikut: 0,937; 0,233; 0,605; 0,945, begitu juga dengan jenis kepesertaan pasien (p = 0,050) yang tidak kuat terhadap persepsi.
Kata kunci: sistem pembiayaan, pelayanan, persepsi, pasien
Penulis: Atika Dalili Ahmad
Kode Jurnal: jpfarmasidd150692

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel