-->

Paket Lengkap Pendekatan Lean Hospital Untuk Perbaikan Berkelanjutan Proses Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit


Abstract: Pendekatan lean hospital sanggup dipakai sebagai contoh pembenahan proses pelayanan instalasi farmasi rumah sakit. Penelitian bertujuan memakai pendekatan lean hospital sebagai contoh pembenahan proses pelayanan yang difokuskan kepada satelit farmasi rawat jalan dan satelit farmasi rawat inap RS Swasta X Yogyakarta. Penelitian ini memakai rancangan penelitian non-eksperimental dengan pendekatan kualitatif. Data value diperoleh dengan alat ukur kuesioner, observasi langsung, wawancara mendalam, wawancara tidak terstruktur dan telaah dokumen terkait. Upaya yang ditempuh peneliti untuk menjaga validitas data yaitu triangulasi data. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil analisis data menawarkan bahwa perbandingan waste to value added di satelit farmasi rawat jalan yaitu 55% : 45%, sementara di satelit farmasi rawat inap yaitu 69% : 31%. Waste kritis di satelit farmasi rawat jalan yaitu waste motion (19,26%) dan waste kritis di satelit farmasi rawat inap yaitu waste waiting (15,23%). Usulan perbaikan dengan pendekatan lean hospital bagi administrasi satelit farmasi rawat jalan yaitu menambah satu unit komputer dan printer, menciptakan penunjuk alur pengambilan obat, menerapkan automated queueing system, dan menambah visual management di area antar counter, sementara bagi administrasi satelit farmasi rawat inap yaitu menempatkan apoteker atau TTK (tenaga teknis kefarmasian) terlatih di ruangan atau bangsal, menambah satu tenaga apoteker, serta membuatkan robotic delivery system.
Kata kunci: lean hospital, root cause analysis, analisis risiko
Penulis: Nancy Nancy
Kode Jurnal: jpfarmasidd140589

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel