Paket Lengkap Penilaian Sistem Isu Administrasi Farmasi Memakai D&M Is Success Model Untuk Mendukung Pengelolaan Obat Di Rsud Kota Semarang
Abstract: Rumah Sakit Umum Daerah Kota Semarang merupakan rumah sakit umum kelas B milik pemkot Semarang yang telah memakai sistem warta administrasi Medifirst2000 yang berbasis komputer untuk mendukung acara operasionalnya semenjak tahun 2007 yang dikelola oleh vendor. Namun pada awal tahun 2012 sistem warta administrasi dikelola sendiri oleh instalasi sistem warta administrasi rumah sakit dan telah diterapkan ke semua bab pelayanan termasuk instalasi farmasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui imbas kualitas sistem, kualitas warta dan kualitas pelayanan terhadap penggunaan sistem di RSUD Kota Semarang, untuk mengetahui imbas kualitas sistem, kualitas warta dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna di RSUD Kota Semarang serta untuk mengetahui imbas penggunaan sistem dan kepuasan pengguna terhadap net benefits yang diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik kuantitatif dengan metode penelitian memakai model kesuksesan sistem warta DeLone dan McLean. Penelitian dilakukan di RSUD Kota Semarang dengan subyek penelitian yaitu staf instalasi farmasi RSUD Kota Semarang. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dilanjutkan dengan uji perkiraan klasik dan uji regresi linier. Jumlah responden yang dipakai dalam penelitian ini sebanyak 55 responden dengan karakteristik responden lebih banyak didominasi berjenis kelamin perempuan (87,27%), usia 21-28 tahun (41,82%) dengan jenis pekerjaan sebagai assisten apoteker (69.09%). Berdasarkan hasil uji regresi linier sanggup disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki imbas kasatmata terhadap penggunaan sistem dengan nilai sig.0,000. Kualitas sistem memiliki imbas kasatmata terhadap kepuasan pengguna dengan nilai sig,0,000. Penggunaan sistem dan kepuasan pengguna memiliki imbas kasatmata terhadap net benefits dengan nilai sig. 0,020 dan 0,001. Secara simultan kualitas sistem, kualitas warta dan kualitas pelayanan memiliki imbas kasatmata terhadap penggunaan sistem dan kepuasan pengguna dengan nilai sig. 0,000. Sedangkan penggunaan sistem dan kepuasan pengguna secara simultan memiliki imbas kasatmata terhadap net benefits yang diperoleh dengan nilai sig. 0,000.
Kata kunci: evaluasi, sistem warta administrasi farmasi, D&M IS Success Model, RSUD Kota Semarang
Penulis: Yustisia Dian Advistasari
Kode Jurnal: jpfarmasidd150715
