-->

Paket Lengkap Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Ekspansi Merek Prenagen


ABSTRAK: Merek bukan hanya bab dari produk, tetapi merek yang baik akan menawarkan jaminan kualitas bagi perusahaan, alasannya yakni merek bukan sekedar nama tetapi merek merupakan aset dari perusahaan. Merek susu Prenagen Junior merupakan produk eksperimen fiktif yang dipakai dalam penelitian ini sebagai ekspansi produk Prenagen untuk kehamilan dan menyusui. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen terhadap ekspansi merek Prenagen.
Desain yang dipakai dalam penelitian ini memakai rancangan preeksperimen_one shot case study. Sampel diambil dari populasi yang pernah memakai produk Prenagen baik Prenagen Esensis, Prenagen Emesis, Prenagen Mommy atau Prenagen Lactamom dalam waktu 6 bulan terakhir, sebanyak 154 responden. Hasil yang diperoleh dianalisis memakai metode analisis regresi berganda.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemiripan, reputasi merek induk, perceived risk dan innovativeness menawarkan efek yang signifikan terhadap perilaku konsumen pada produk ekspansi merek (R2 : 0,556; p < 0,05). Secara parsial, kemiripan produk ekspansi merek dengan produk merek induk menawarkan efek yang signifikan (20,8%), reputasi merek induk menawarkan efek yang signifikan (10,0%) dan perceived risk menawarkan efek yang signifikan (23,3%) terhadap perilaku konsumen pada produk ekspansi merek. Sedangkan variabel Innovativeness tidak besar lengan berkuasa secara signifikan terhadap perilaku terhadap ekspansi merek (B : 0,126 ; p > 0,05).
Kata kunci: Perluasan Merek, Kemiripan, Reputasi Merek Induk, Perceived risk, Innovativeness, Sikap Konsumen
Penulis: Kresy Arba Yuniar, Lukman Hakim, Wakhid Slamet Ciptono
Kode Jurnal: jpfarmasidd120377

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel