-->

Paket Lengkap Efek Persepsi Perihal Advertorial Produk Kesehatan Di Koran Pada Perilaku Konsumen


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan menganalisis imbas persepsi perihal advertorial produk kesehatan pada sikap konsumen. Advertorial merupakan bentuk iklan yang ditulis dengan format editorial sehingga sulit dibedakan dengan gosip yang sesungguhnya. Iklan mempunyai tujuan selesai mensugesti sikap pembelian konsumen. Salah satu prediktor dalam memilih prilaku konsumen yaitu dengan mempelajari sikap.
Penelitian ini memakai metode survei dengan populasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang pernah membaca advertorial produk kesehatan di koran, sedangkan pengambilan sampel memakai metode purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu persepsi perihal advertorial produk kesehatan sebagai variabel tak tergantung serta respon kognitif dan afektif sebagai variabel tergantung. Semua variabel diukurmenggunakan skala Likert. Data primer diperoleh dengan memakai kuesioner yang diberikan pada 170 responden. Uji validitas instrumen penelitian dengan Confrmatory Factor Analysis dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach’s, sedangkan pengujian hipotesis memakai analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian mengatakan bahwa persepsi perihal advertorial produk kesehatan besar lengan berkuasa kasatmata secara signifkan pada respon kognitif dan respon afektif consumen. Pengaruh persepsi perihal advertorial produk kesehatan pada respon kognitif mahasiswa sebesar 21,3% sedangkan imbas advertorial produk kesehatan pada respon afektif sebesar 8,7% pada mahasiswa pembaca koran di UGM. Faktor-faktor lain, di luar persepsi pada advertorial, yang diperkirakan mensugesti sikap konsumen yaitu jenjang pendidikan, sikap pada merek yang telah dimiliki sebelumnya, dan tingkat keterlibatan individu.
Kata kunci: Advertorial, persepsi, sikap, mahasiswa Universitas Gadjah Mada
Penulis: Rika Melati, Basu Swasta Dharmmesta
Kode Jurnal: jpfarmasidd110226

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel